Tentang Kami

Panduan untuk Makanan Indonesia, Seperti yang akan dikatakan oleh setiap pengunjung ke Indonesia, salah satu kesenangan terbesar dari negara yang menakjubkan ini adalah makanannya. Sayangnya, banyak wisatawan yang tahu sedikit tentang kuliner, yang belum benar-benar mendunia seperti masakan Asia Tenggara lainnya seperti Thailand atau Vietnam.

Ini mungkin tidak terlalu terkenal, tetapi makanan Indonesia benar-benar nikmat, dan Anda akan menemukan banyak pilihan piring murah dan beragam yang ditawarkan.

Panduan untuk Makanan Indonesia

Nasi goreng

Mungkin hidangan paling terkenal di Indonesia, Nasi Goreng diterjemahkan sebagai ‘nasi goreng’, dan persis seperti itu. Nasi digoreng dalam wajan dengan cabai dan terasi sebelum ditambahkan bahan lain seperti daging atau makanan laut.

Sayuran seperti wortel dan daun bawang juga biasanya disajikan, dan kemudian seluruh hidangan di atasnya dengan telur goreng dan disajikan dengan mentimun dan tomat di sampingnya. Variasi Nasi Goreng yang tak kalah populer adalah Mie Goreng yang mengikuti resep dasar yang sama tetapi dibuat dengan mie goreng daripada nasi.

Gado-Gado

Jika orang pernah mendengar tentang makanan Indonesia, maka salah satu masakan yang paling mungkin mereka ketahui adalah Gado-Gado. Sederhananya, Gado-Gado adalah salad berlimpah yang mencampur bahan mentah renyah seperti kol dan selada yang diparut dengan sayuran kukus dan empuk seperti wortel dan kentang.

Bahan lainnya ditumpuk di atasnya seperti potongan tahu, taoge, dan buncis. Salad ini kemudian ditutup dengan saus kacang yang lezat dan dihias dengan kerupuk udang dan telur rebus di sampingnya. Alternatif yang bagus jika Anda tidak ingin makan nasi setiap kali makan.

Nasi Padang

Salah satu raja masakan daerah yang paling terkenal di Indonesia adalah Nasi Padang, makanan berbasis nasi yang berasal dari Padang di Sumatera Barat. Restoran Nasi Padang tersebar di seluruh Indonesia berkat popularitas hidangan ini, dan Anda akan belajar mengenalinya karena menara piring yang ditumpuk di jendela.

Anda akan diberikan sepiring nasi dan kemudian pilihan hidangan yang lebih kecil, kadang-kadang sebanyak dua puluh. Akan dibawa ke meja Anda. Anda dapat memilih apa yang ingin Anda makan dan tuangkan di atas nasi, dan Anda hanya membayar untuk hidangan yang Anda sentuh. Piring tradisional yang mungkin Anda lihat termasuk kari, ayam goreng dan ikan, serta lauk pauk sayuran seperti terong yang dimasak dengan sambal terasi, daun singkong rebus, dan kue kentang.

Bakso

Penjual bakso dapat ditemukan di seluruh Indonesia karena ini terutama merupakan hidangan makanan jalanan daripada sesuatu yang Anda temukan di restoran. Intinya, Bakso adalah sup bening yang terbuat dari kaldu daging, yang ditambahkan bakso serta mie dan perlengkapan lainnya seperti sayuran dan telur.

Supnya ditaburi daun seledri dan Anda biasanya akan disajikan semangkuk Bakso polos untuk dibumbui sesuai keinginan. Hal-hal umum untuk ditambahkan ke dasar sup termasuk saus cabai, saus tomat, dan kecap manis. Dan Anda bisa bermain-main dengan rasa agar sesuai dengan selera Anda.

rujak

Rujak bukanlah hidangan untuk semua orang, dan itu bisa menjadi konsep yang cukup aneh untuk beberapa palet. Bahan dasar masakan rujak adalah buah-buahan yang dicincang, seperti salad buah. Meskipun seringkali sayuran juga akan ditambahkan ke dalam campuran dasarnya. Apel air, mangga, mentimun, ubi jalar, dan potongan nanas adalah semua hal yang mungkin Anda temukan di rujak. Dan kadang-kadang bahkan cabai diiris ke dalam campuran.

Lebih aneh lagi, salad buah ini kemudian dicampur dengan saus gurih  biasanya termasuk kecap dan terasi yang dimasak perlahan sehingga kental dan lengket. Ini tentu saja merupakan rasa yang didapat, tetapi dapat memberikan tendangan yang menyegarkan di siang hari yang panas. Oleh karena itu, rujak biasanya dijual dari gerobak sebagai makanan ringan daripada makanan utama di sebuah restoran.

daging rendang

Rendang Daging Sapi, di Indonesia, mungkin merupakan hidangan yang paling terkenal setelah hal-hal seperti Nasi dan Mie Goreng. Anda akan menemukan Rendang Daging Sapi di hampir semua restoran Nasi Padang. Dan juga disajikan di sebagian besar perayaan Indonesia seperti pernikahan.

Rendang Daging Sapi dulunya dibuat dengan kerbau. Dan metode memasak daging secara perlahan berkembang dari kebutuhan untuk menemukan cara agar proteinnya tidak terlalu keras. Saat ini Rendang biasanya dibuat dengan daging sapi yang lebih empuk. Tetapi teknik memasaknya tidak banyak berubah, dan proses pembuatannya bisa memakan waktu beberapa jam.

Potongan daging sapi digoreng dengan bumbu halus lalu ditambahkan santan. Ini kemudian dimasak selama beberapa jam sampai dagingnya hampir hitam dan sausnya menjadi pasta kental. Kelapa parut juga digunakan untuk mempermanis seluruh hidangan.

soto

Soto adalah sup lain yang sangat populer di Indonesia, dan sering disajikan untuk sarapan. Meskipun Anda dapat membeli dan memakannya hampir setiap saat sepanjang hari. Resep soto berbeda dari satu provinsi ke provinsi lainnya, tetapi hidangan dasarnya terdiri dari kuah kaldu ayam.

Di beberapa tempat seperti Sumatera, santan ditambahkan, sedangkan di Jawa kuahnya dibiarkan jernih. Ayam suwir dan taoge ditambahkan di atasnya dan Soto biasanya disajikan dengan kue kentang di sampingnya dan sepotong jeruk nipis untuk diperas ke dalam sup sebelum Anda mulai makan.

Secara keseluruhan, orang-orang cenderung tidak datang ke Indonesia untuk bersantap. Tetapi mereka benar-benar harus datang ke Indonesia karena menawarkan beberapa hidangan paling semarak di wilayah tersebut. Ditambah dengan harga yang murah dan pilihan yang sangat banyak, Indonesia menjadi destinasi kuliner yang sayang untuk dilewatkan.